Tuesday, February 9, 2016

Baby 5 bulanku pilek

Kemarin baby Azka genap berusia 5 bulan, tapi sayangnya di ulang bulannya yang ke 5 ini si baby agak rewel, karena agak pilek (tertular si kakak yang sekarang justru udah sembuh) dan mungkin karena kecapekan juga, usai perjalanan naek kereta ekonomi Lawang (Malang) - Banyuwangi.

Aniway papanya Azka maunya si baby diperiksain, biarpun aku sudah bilang dia ini cukup ASI aja obatnya dan dibalsem khusus baby badannya, tapi dia tetep kekeuh.

Akhirnya berangkatlah kami berempat ke salah satu RSI di Banyuwangi yang lokasinya paling dekat dengan rumah kita. Sebelum berangkat si aku sudah bilang sama papanya anak-anak kalo malam gini biasanya ga ada specialist anak lho. Tapi si papa dan kali ini ditambah kakeknya anak-anak (ayahku) ngotot, coba aja dulu.

Sampai di RSI yang lumayan besar itu kami masuk ke poliklinik dan bertanya, apa ada Sp.A yang praktek malam ini. Dari info mba yang ramah ini kami akhirnya tahu bahwa SpA di RSI ini hanya ada pagi, itupun on call, artinya ga ada jadwal praktek di RSI ini. Sayang sekali, padahal kan kalo ada lumayan ni dekat rumah jadi bisa sekalian cari Sp.A buat anak-anak.
Akhirnya kami disarankan ke UGD, lhoh kok UGD??? Anak saya kan cuma pilek
Jadi pasien rawat jalan di RSI ini, kalo mo ketemu Dr umum musti periksanya di UGD. Ohhhh gitu...

Di UGD, saya jelaskan singkat keluhan si baby Azka, terus saya disuruh timbang baby sendiri, ga didampingi suster, dokter atau praktisi kesehatan yang ada disitu malam ini. Hmmm aku berpikir mungkin karena minimnya orang (ya biarpun sebenernya ada si beberapa orang disitu yang bisa bantu saya), dan saya sebenernya si ga masalah, bisa-bisa aja nimbang baby Azka sendiri, cuma rada aneh gimana gitu. Mungkin karena selama ini kalo di Jakarta nimbangin Azka pasti diliat atau dibantu suster kali ya. Dan baby Azka beratnya 7,3 yeayyy.

Trus si papa lagi sibuk isi biodata untuk kartu pasien dan Azka diperiksa oleh Dokter umum perempuan BW
Dia minta aku buka jaket dan baju Azka, dia bilang nafasnya masih normal, dia nanya demam ga? Aku jawab ga, lanjut tanya lagi, batuk? Ga juga, cuma pilek. Trus Dr BW ini megang tangan Azka dan bilang, Anget ini bu
Me: hah, oh iya ya (dalam hati mikir, ini yang dokter dia kan, kok kalah si sama aku yang orang awam, mana bisa ngukur suhu anak apalagi yang masih usia 5 bulan hanya dengan tangan telanjang)

FYI, aku setiap berpergian selalu bawa termometer digital, karena pengalaman sudah banyak mengajari. Si kakak kalo udah demam bisa tinggi banget. Jadi termometer harus selalu siap sedia. Dan sebelum ke RSI aku sudah ukur suhu badan Azka and everything still normal. Cuman agak meler (yang aku tau pasti ni anak pening karena mellernya ini) dan rewel aja.
Mengukur suhu badan tu ga bisa pake tangan saja, asal anget minum obat, dah kaya jaman dulu aja (bukannya sarkas ama orang jaman dulu si, aku sendiri kan produk orang jaman dulu hehe), tapi kan kita tentunya maunya yang terbaik buat anak kita.
Kenapa ga boleh percaya ama tangan kita, karena tangan kita bisa saja dipengaruhi suhu ruangan. Misalnya aja kita habis dari kamar mandi dan basah terus megang anak terasa panas, hal ini wajar karena badan kita dingin sehingga badan orang lain (si anak) yang suhunya sebenarnya normal terasa lebih hangat. Sebaliknya pas kita dari tempat yang panas dan megang anak yang sebenarnya/misalnya lagi demam, bisa jadi kita ngerasa suhu si anak biasa saja/normal
Karena itu baiknya ukur suhu anak pake termometer.

Back to RSI, Dr BW ini bilang, kalo 3 hari masih demam musti cek lab (ini si saya juga sudah paham, tapi masalahnya saya yakin anak ini ga demam)
Akhirnya dikasi resep obat pilek drop dan parasetamol drop
Saya tanya, ini ga pa pa ya untuk baby 5 bulan, kata dia ga pa pa kok untuk meredakan aja. Trus dia mengulang penjelasan soal lab ke suamiku.

Sayang banget praktisi kesehatannya begini, padahal berharap banyak ke RSI ini untuk keadaan darurat keluarga karena posisinya dekat rumah
Ada beberapa hal yang malam ini bikin aku kecewa sama RSI ini

1. Ga ada Dr specialist anak, padahal paling butuh sama ini. Kalopun ada musti on call. Lhah kalo butuh urgent piye??

2. Saya disuru nimbang sendiri tanpa didampingi praktisi kesehatan sama sekali

3. Dr umumnya meriksa ala kadarnya, ngukur suhu pake tangan telanjang, kasi resep tanpa nanya anak saya umur berapa bulan dan beratnya berapa
Waktu saya minta untuk tulis di buku kesehatan azka tentang diagnosa dan resep yang dia berikan, dia kaya agak gimana gitu

4. Apotiknya juga lama, padahal ga terlalu rame, dan obat Azka cuma 2 macem, dua-duanya sirup, ga pake racik, gimana kalo racikan.

5. Udah itu aja hehe

Oh iya btw, sampai rumah aku ukur suhu Azka dan suhunya 36,8 ihhh demam apa sih, normal gini mo disuruh kasi parasetamol
Akhirnya sampai rumah aku kasi balsem lagi aja depan, belakang badan dia. Aku bilang sama papa, kalo rewel dan aku udah ga bisa ngatasi aja kasi obat pileknya. Sementara gini aja dulu. Alhamdulillah sekarang dia lagi bobo nyenyak.

Get well soon baby, muach

No comments:

Post a Comment