Thursday, February 11, 2016

Legalisir Paklaring ke Disnaker

Per Januari 2016 kemarin, saya resmi mengundurkan diri dari kantor tercinta Panorama tours.
Niatnya sebelum masuk kerja di kantor baru pingin cairin jamsostek (bpjstk) dulu ni, sebelum peraturan pengambilan dana jht dirubah lagi hehe...

Mungkin sudah pada tau, kalo per 1 September 2015 dana JHT bisa diambil 100% ga perlu nunggu 5 tahun plus 1 bulan, atau bahkan 10 tahun dan hanya 30% seperti peraturan kontroversi sebelumnya yang akhirnya direvisi karena protes banyak orang.
Nah makanya karena peraturan yang berubah-ubah ini saya putuskan ambil saja mumpung lagi ga dipersulit ni

Syarat pengambilan masih sama seperti sebelumnya, hanya ada tambahan surat pengunduran diri dari perusahaan ke department tenaga kerja
Bingung ini apa, saya googling sana-sini, fyi orang kantor yang bagian ngurusin bpjstk ini juga kurang paham maksudnya. Mungkin karena minimnya sosialisasi dari bpjstk sendiri.
Berbekal googling sana-sini akhirnya tau kalo ternyata tinggal bawa surat referensi kerja/paklaring dari kantor ke suku dinas ketenagakerjaan sesuai wilayah dimana kantor kita berada.
Disana kita cuma minta cap/dilegalisir.

Karena saya sudah mudik ke Jawa timur, maka untuk legalisir paklaring ini saya nitip ke mantan teman kerja sebut saja mba Dudu, dia juga sudah resign dari panorama dan mempunyai niatan yang sama seperti saya. Oh iya sebelumnya dia sudah telpon ke sudin dan bertanya apa bisa diwakilkan, dan katanya bisa, horee.

Dengan semangat 45 mba Dudu ijin dari kantornya yang baru, mampir ke panorama untuk ambil paklaring saya dan langsung ke sudin ketenagakerjaan wilayah Jakarta Barat dan ternyata........
Gagal donk hahaha
Kenapa? Katanya karena Referensi kerja kita dalam bahasa inggris, jadi seharusnya bahasa indonesia saja. Sempat disuruh foto contoh suratnya juga, katanya kalo bisa bikinnya seperti contoh itu aja ya
Yahh... Lemes deh si mba Dudu.
Mau ga mau harus pulang dulu dia, dan minta ke HRD panorama untuk bikin ulang surat referensi kerjanya dalam bahasa indonesia. Dan ini ga bisa sehari jadi...
Ya sudahlah sabar menanti.
Untuk sementara saya kasi contoh bentuk suratnya saja ya, siapa tau ada yang butuh

33 comments:

  1. Mba, kantor disnaker jakbar sebelah mana ya?

    ReplyDelete
  2. Mba, kantor disnaker jakbar sebelah mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di perkantoran walikota jakbar mba, di puri kembangan, seberang McD puri

      Delete
  3. mba,packlaring yg dilegalisir/dicap disnakernya packlaring yg asli atau fotokopi?

    ReplyDelete
  4. Boleh di wakil kan yah ?? Syarat nyah apa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok, ga ada syarat apa² si, cukup bawa paklaring asli aja

      Delete
  5. mbak mau tanya kalo , saya kerja di di bogor tapi kantor di jakarta bagaiman ? apakah kita harus ke disnaker jakarta

    ReplyDelete
  6. Iya ni senasib saya juga kurang surat keterangan dari depnaker,,bla bla bla...

    ReplyDelete
  7. Iya ni senasib saya juga kurang surat keterangan dari depnaker,,bla bla bla...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diurus aja mas, lumayan kan kalo bs cair BPJSnya

      Delete
  8. Cukup Packlaring yg di stempel Disnaker kan yah? Sy aga canggung misalnya minta dibuatin surat pengunduran diri lg di prusahaan lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang asli ya, berbahasa Indonesia. Disnakernya sesuai wilayah kantor tempat bekerja dulu

      Delete
  9. Mbakk mau tanya. Saya sudah dibuatkan surat dr kantor lama. Untuk tujuan pengambilan bpjs jht, tapii di suratnya tidak ditulis tembusan bpjs ketenagakerjaan. Itu tetep bisa gak ya minta legalisir ke disnaker?? Sy sdh dibuatkan 2 dr kntr, paklaring dan srt untuk disnaker. Mhn infonya ya. Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah di cairin Mba?
      Apa yg di stemple/legalisir?
      Surat untuk pencairan JHT atau paklaringnya?

      Delete
    2. Udah lama habis hehe. Dibawa aja dua²nya ke disnaker. Krn kalo saya dulu ga dapat srt untuk pencairan JHT. Pencairannya saya pilih di kantor BPJS ketenagakerjaan terdekat. Kebetulan udah pindah kota

      Delete
  10. surat penembusan utk BPJS dari kantor,berbeda dengan paklaring mba isi nya,utk surat mencairkan BPJS,bukan surat paklaringnya,itu yg dilegalisir/stempel dr DISNAKER surat permohonan penembusan BPJS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya paklaringnya kok mba yg distempel disnaker dan sdh cair jg

      Delete
  11. Mba misalkan paklaring saya sudah dilaminating tapi belom minta cap disnaker gimana ya ?

    ReplyDelete
  12. mba kalo dinsnaker jakarta pusat dan barat itu dimana mba , mohon info tq

    ReplyDelete
  13. Hi..mbak mau nanya kalau daftar eklaim bpjs prakaling perlu dileges disnaker ya? Karena saya telepon disnaker dibilangnya kalau pengunduran tahun 2016 prakaling tidak perlu di leges langsung daftar aj?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mau tanya saya kerja di tangsel dan sudah berhenti kalau minta legarisir ke jakarta selatan bisa tidak

      Delete
    2. untuk yg 2017 saya kurang paham mekanismenya

      Delete
  14. Harus pake surat kuasa ga diwakilkan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya rasa tergantung disnakernya mba. Kalo di jakbar wktu itu ga pake srt kuasa. Alhamdulillah bisa

      Delete
  15. assalm mba...
    yg dilegalisir packlaringnya apa sk resignnya?
    saya dapat 3 lembar soalnya tp sk resignnya isinya prmohonan legalisir ke disnaker?
    apa harus bawa k 3 nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam. Nah amannya bawa aja ketiganya mas
      Tp, yg dilegalisir yang ada tujuan disnaker itu de mas

      Delete
  16. Maaf mba mau tnya.. Kalo minta surat tembusan emg hris dto pt.. Atau bisa cuma minta cap legalisir paklaringny aja langsung ek disnsker?

    ReplyDelete
  17. Maaf bisa diwakilkan apa tidak ya ??

    ReplyDelete
  18. Minta paklaring ke pt nya bisa diwakilkan nggk ya? Persyaratan apa aja buat minta paklaring

    ReplyDelete
  19. Minta paklaring ke pt nya bisa diwakilkan nggk ya? Persyaratan apa aja buat minta paklaring

    ReplyDelete
  20. Mba kalo paklaring sudah di laminating tapi belum dilegalisir geman ya?

    ReplyDelete